Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif

 1.3.a.7.1 Demonstrasi Kontekstual – Menerapkan Inkuiri Apresiatif

 oleh : 

Nani Murtiati, S,Pd

CGP Angkatan 4 Kota Pekanbaru 


Budi Muhammadi, M.Pd   (Fasilitator 055 )              

Dr. Hj. Nurhafni, M.Pd   (Pengajar Praktik 211)


Apa itu Inkuiri Apresiatif ?

Inkuiri Apresiatif (IA) adalah sebuah proses menggali belajar dan potensi atau pengalaman berharga baik dalam organisasi dan individu sebagai modal dalam melakukan perubahan untuk mencapai impian. Inkuiri Apresiatif juga merupakan paradigma berbasis kekuatan yang dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif, menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif.

Penerapan Inkuiri Apresiatif melalui pengajuan pertanyaan yang tersusun dalam tahapan B-A-G-J-A ( Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, gali mimpi, bersama, Jabarkan rencana, Atur eksekusi)

 

gambar:google.com


Langkah konkret penerapan BAGJA :

1.      Menyusun rencana

2.      Berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan

3.      Meminta dukungan dari seluruh pihak

4.      Mengevaluasi hal positif yang ada

5.      Melakukan pendekatan psikologi positif

 

Merekomendasikan “Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid melalui tahapan BAGJA”

Prakarsa Perubahan : “ Mewujudkan karakter disiplin murid” 

Tujuan menerapkan Inkuiri Apresiatif dalam mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 18 Pekanbaru. 


Tahapan B-A-G-J-A 

B - Buat Pertanyaan (Define)  - Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran)

Pertanyaan

Bagaimana mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi di sekolah? 

Tindakan

·         Melakukan pengamatan terhadap kedisiplinan murid di SD Negeri 18 Pekanbaru yang selama ini telah dilakukan.

·         Berdiskusi bersama kepala sekolah serta rekan guru untuk menetapkan jadwal belajar dan aturan yang diberlakukan selama masa pandemi.

·         Melakukan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah tentang pentingnyta pembiasaan karakter disiplin waktu maupun penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi dengan jam belajar yang belum normal.

·         Guru memberi contoh untuk datang tepat waktu dan selalu mematuhi protokol kesehatan 5 M ( mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas)


A - Ambil Pelajaran (Discover) – Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai

Pertanyaan 

1.      Siapa yang terlibat untuk mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi?

2.      Kekuatan apa yang telah digunakan selama ini untuk mendukung karakter disiplin murid di sekolah ?

Tindakan 

·         Kepala sekolah, guru, orang tua murid serta sarana dan prasaran yang mendukung karakter disiplin pada mas pandemi

·         Kepala sekolah dan guru sebagai pihak yang memiliki kompetensi untuk membuat keputusan serta memberikan dukungan dan bantuan (kolaborasi). Murid sebagai pelaku yang memiliki disiplin, kemauan dan semangat tinggi. Orang tua murid sebagai pihak yang mendukung setiap rencana positif sekolah sefta memberikan kritik maupun saran yang membangun dari keputusan yang dibuat oleh sekolah. Tersedianya sarana dan prasarana seperti tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer, alat cek suhu tubuh, persedian masker, dan penataan ruang kelas yang berjarak.


G - Gali Mimpi (Dream) – Menyusun narasi tentang ideal yang diimpikan dan diharapkan

Pertanyaan

1.      Bagaimana pelaksanaan perubahan untuk mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru masa pandemi di sekolah?

2.      Apa perubahan baru yang kita bayangkan akan terjadi?

Tindakan

·         Adanya kerjasama yang baik dari semua warga sekolah untuk selalu konsisten memberikan penguatan karakter disiplin waktu dan penerapan protokol kesehatan melalui pembiasan dan praktik baik.

·         Adanya keteladanan guru yang selalu datang tepat waktu dan seluruh warga sekolah yang konsisten menerapkan protokol kesehatan.

 

J - Jabarkan Rencana (Design) – Merumuskan rencana tindakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi

Pertanyaan

Apa langkah kecil yang dapat dilakukan dalam menerapkan karakter disiplin murid pada masa pandemi di sekolah?

Tindakan

Seluruh warga sekolah datang tepat waktu, mencuci tangan, mengecek suhu, memakai masker, tidak berkerumun, membawa bekal sendiri, tidak meminjamkan alat tulis kepada orang lain dan melaksanakan tugas piket sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

 

Murid mencuci tangan(foto:dok.sdn18pku)

Satgat Covid mengece suhu(foto:dok sdn18pku)

siswa menjaga jarak(foto:dok sen18pku)

siswa belajar di kelas(foto:dok sdn18pku)

A - Atur Eksekusi – Merumuskan langkah-langkah yang akan diambil strategi dan aksi

Pertanyaan

Siapa yang terlibat dalam rencana untuk mewujudkan karater disiplin dalam adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi di sekolah?

Tindakan

Semua pemangku kepentingan yang ada di sekolah maupun  di luar sekolah yang terlibat dalam mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.


Salam Bahagia



#gurupenggerak   #inkuiriapresiatif   #bagja


Komentar

Postingan Populer