Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif
1.3.a.7.1 Demonstrasi Kontekstual – Menerapkan Inkuiri Apresiatif
oleh :
Nani Murtiati, S,Pd
CGP Angkatan 4 Kota Pekanbaru
Budi Muhammadi, M.Pd (Fasilitator 055 )
Dr. Hj. Nurhafni, M.Pd (Pengajar Praktik 211)
Apa itu Inkuiri Apresiatif ?
Inkuiri Apresiatif (IA) adalah sebuah proses menggali belajar dan potensi atau pengalaman berharga baik dalam organisasi dan individu sebagai modal dalam melakukan perubahan untuk mencapai impian. Inkuiri Apresiatif juga merupakan paradigma berbasis kekuatan yang dijalankan dalam suasana yang positif dan apresiatif, menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif.
Penerapan Inkuiri Apresiatif melalui pengajuan pertanyaan yang tersusun dalam tahapan B-A-G-J-A ( Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, gali mimpi, bersama, Jabarkan rencana, Atur eksekusi)
gambar:google.com |
Langkah
konkret penerapan BAGJA :
1.
Menyusun
rencana
2.
Berkolaborasi
dengan seluruh pemangku kepentingan
3.
Meminta
dukungan dari seluruh pihak
4.
Mengevaluasi
hal positif yang ada
5.
Melakukan
pendekatan psikologi positif
Merekomendasikan “Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid melalui tahapan BAGJA”
Prakarsa Perubahan : “ Mewujudkan karakter disiplin murid”
Tujuan menerapkan Inkuiri Apresiatif dalam mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 18 Pekanbaru.
Tahapan B-A-G-J-A
B - Buat Pertanyaan (Define) - Merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran)
Pertanyaan
Bagaimana mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi di sekolah?
Tindakan
·
Melakukan
pengamatan terhadap kedisiplinan murid di SD Negeri 18 Pekanbaru yang selama
ini telah dilakukan.
·
Berdiskusi
bersama kepala sekolah serta rekan guru untuk menetapkan jadwal belajar dan aturan
yang diberlakukan selama masa pandemi.
·
Melakukan
sosialisasi kepada seluruh warga sekolah tentang pentingnyta pembiasaan
karakter disiplin waktu maupun penerapan protokol kesehatan pada masa pandemi dengan
jam belajar yang belum normal.
· Guru memberi contoh untuk datang tepat waktu dan selalu mematuhi protokol kesehatan 5 M ( mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas)
A - Ambil Pelajaran (Discover) – Mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai
Pertanyaan
1.
Siapa
yang terlibat untuk mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan
baru di masa pandemi?
2. Kekuatan apa yang telah digunakan selama ini untuk mendukung karakter disiplin murid di sekolah ?
Tindakan
·
Kepala
sekolah, guru, orang tua murid serta sarana dan prasaran yang mendukung
karakter disiplin pada mas pandemi
· Kepala sekolah dan guru sebagai pihak yang memiliki kompetensi untuk membuat keputusan serta memberikan dukungan dan bantuan (kolaborasi). Murid sebagai pelaku yang memiliki disiplin, kemauan dan semangat tinggi. Orang tua murid sebagai pihak yang mendukung setiap rencana positif sekolah sefta memberikan kritik maupun saran yang membangun dari keputusan yang dibuat oleh sekolah. Tersedianya sarana dan prasarana seperti tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer, alat cek suhu tubuh, persedian masker, dan penataan ruang kelas yang berjarak.
G
- Gali Mimpi (Dream) – Menyusun narasi tentang ideal yang diimpikan dan
diharapkan
Pertanyaan
1.
Bagaimana
pelaksanaan perubahan untuk mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi
kebiasaan baru masa pandemi di sekolah?
2. Apa perubahan baru yang kita bayangkan akan terjadi?
Tindakan
·
Adanya
kerjasama yang baik dari semua warga sekolah untuk selalu konsisten memberikan
penguatan karakter disiplin waktu dan penerapan protokol kesehatan melalui
pembiasan dan praktik baik.
·
Adanya
keteladanan guru yang selalu datang tepat waktu dan seluruh warga sekolah yang
konsisten menerapkan protokol kesehatan.
J - Jabarkan Rencana (Design) – Merumuskan rencana tindakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi
Pertanyaan
Apa langkah kecil yang dapat dilakukan dalam menerapkan karakter disiplin murid pada masa pandemi di sekolah?
Tindakan
Seluruh
warga sekolah datang tepat waktu, mencuci tangan, mengecek suhu, memakai
masker, tidak berkerumun, membawa bekal sendiri, tidak meminjamkan alat tulis
kepada orang lain dan melaksanakan tugas piket sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
![]() |
Murid mencuci tangan(foto:dok.sdn18pku) |
![]() |
siswa menjaga jarak(foto:dok sen18pku) |
![]() |
siswa belajar di kelas(foto:dok sdn18pku) |
A - Atur Eksekusi – Merumuskan langkah-langkah yang akan diambil strategi dan aksi
Pertanyaan
Siapa yang terlibat dalam rencana untuk mewujudkan karater disiplin dalam adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi di sekolah?
Tindakan
Semua pemangku kepentingan yang ada di sekolah maupun di luar sekolah yang terlibat dalam mewujudkan karakter disiplin murid dalam adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.
Salam Bahagia
#gurupenggerak #inkuiriapresiatif #bagja
Komentar
Posting Komentar